Info Training Radio Bag 02
Senin, 17 November 2008
Term of Refrence
Training Marketing Radio Komunitas
JRK DEM
Latar belakang:Kebutuhan radio komunitas untuk menyelenggarakan penyiaran sesuai dengan visi, misi, serta tujuan pemberdayaan dan pencerahan masyarakat tidak dapat diartikan bahwa Radio Komunitas tidak membutuhakan sumber pendanaan kemampuan pengelolaan pendanaan, justru seharusnya mereka/Radio Komunitas harus memiliki daya imajinatif dan kreatifitas untuk memperoleh dan mengelola pendanaan yang baik untuk menjaga keberlangsungan Radio Komunitas demi tercapainya Visi, dan Misi yang diembanya.
Kondisi radio komunitas saat ini menjadi pembelajaran penting bagi wacana keberdayaan radio komunitas masa akan datang, walaupun masih sangat sedikit yang dapat memahami dan mengerti bahwa radio komunitas tidak dapat dijastifikasi oleh publik merupakan radio miskin, kecil, ilegal. Disituasi ini tambah ironis sekali pemahaman internal radio sendiri juga tidak jauh berbeda yang menjadi kendala utama penguatan radio komunitas terletak pada mental seperti inilah kesulitan Radio Komunitas akan berkembang menjadi kuat
Kemampuan radio komunitas, mulai rendahnya inisiatif, mental interpreneur ship, kemampuan mengelola menjadi hambatan bagi sebagaian besar Radio Komunitas anggata JRK – DEM dan radio lain di indonesia
Masalah:
Kemampuan sumberdaya di bidang merketing yang lemah
lemahnya keberlanjutan radio komunitas dibidang pengelolaan keuangan
Tujuan:
Memberikan pengetahuan tentang marketing radio
Memberikan pengetahuan dan keterampilan teknik marketing
Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengelola jaringan marketing
Kegiatan:
Training marketing publik relation
Metode: Brainstorming, buze group, disko, roun robin, rol play.
Waktu: 17 - 19 Nopember 2008 Mulai jam 13.00 Wib dan selesai tanggal 20 pagi nov 2008
Tempat: Puri perdana Hotel, Blitar (masih tentatif/belum pasti)
Peserta:
30 orang dari Radio Komunitas
Pelaksana:
Jaringan Radio Komunitas untuk Demokrasi & lakpesdam NU Jombang
Materi Training:
Dasar dasar marketing
Managemen marketing
Identifikasi dan Pengelolaan Jaringan
Publik relation ship
Lobying
Intensifikasi jaringan
Makan, minum, snack, penginapan, hool room, sertifikat, sabun mandi, odol, ditanggung JRK DEM
Tranportasi :
Tranportasi peserta ke tempat pelatihan dan pulang ditanggung oleh peserta
Persyaratan peserta :
Bersedia mengikuti forum sampai selesai
Bersedia menjalankan tindak lanjut pelatihan, asistensi dan evaluasi
Berkomitment di radio masing masing selama 2 tahun
Akan mendedikasikan dibagian marketing di radio masing masing
Dhimas HR
YobelNew's