Karakteristik Inhouse Radio & Televisi  

Jumat, 11 Juni 2010

Ditulis oleh : Krisna Mulawarman


In House Radio atau In House TV, istilah ini saya pergunakan merujuk pada keberadaan sebuah radio atau televisi internal yang siarannya didistribusikan melalui jaringan kabel bukan menggunakan transmiter.

Istilah In House Radio/Televisi tentu saja berbeda dengan istilah In House Production yang merujuk pada hasil produksi sendiri atau hasil karya kreatif dari sebuah stasiun radio maupun televisi yang diproduksi oleh crew stasiun itu sendiri. Bisa dikatakan In House Production adalah Production House Company yang dimiliki sebuah stasiun radio maupun televisi sendiri. Sebagai contoh adalah MNC (Media Nusantara Citra) yang merupakan In House Production-nya RCTI.


Saya sendiri lebih suka menyebut media ini sebagai In House Radio/Televisi karena ada beberapa karakter yang berbeda dengan radio/televisi komunitas, antara lain :


a. televisi ini disiarkan melalui kabel bukan melalui pancaran gelombang elektromagnetik melalui spektrum frekwensi televise

b. didirikan oleh komunitas tertentu, dengan jangkauan yang sangat terbatas hanya untuk kepentingan internal di lokasi tersebut

c. komunitas bukan berdasarkan geografis seperti lembaga penyiaran komunitas yang dibatasi coverage area-nya sekitar 10 km, tapi komunitas berdasarkan lokasi dan kepentingan internal yang lebih terbatas

d. menyalurkan materi siarannya secara khusus kepada audience-nya tanpa dipungut biaya, karena biaya operasional menjadi tanggung jawab institusi bersangkutan

e. karena sifatnya terbatas dengan segmen yang pasti, justru memungkinkan untuk memasukkan unsur komersial, sebagai media promosi kepada audience di komunitas tersebut


In House Radio atau In House Televisi bisa kita temui di beberapa tempat, antara lain : hotel, mall, supermarket, toko, rumah sakit, pabrik/gedung perkantoran, bandara, bahkan pesawat terbang dan juga kereta api. Tujuan pembuatan media In House Radio/Televisi ini tentu tidak terlepas dari fungsi media itu sendiri sebagai media pendidikan, informasi, hiburan dan juga sarana promosi. Sama seperti media komunikasi lainnya, In House Radio/Televisi memiliki karakteristik yang spesifik sekaligus merupakan kelebihan dan kekurangan dari media ini.

Kelebihannya :

a. In House Radio/Televisi ini materi siarannya didistribusikan melalui kabel bukan melalui pancaran gelombang elektromagnetik (transmitter), sehingga tidak tergantung oleh cuaca.

b. Biaya instalasi cenderung lebih murah dibandingkan dengan menggunakan transmitter. Biaya dipergunakan hanya untuk membeli kabel, televisi monitor, speaker, booster atau amplifier.

c. Menjangkau target sasaran dengan lebih selektif, karena audience yang menyimak hanya yang ada di lokasi tersebut, sehingga merupakan audience khusus yang sudah diketahui segmentasi-nya.

d. Program acara bisa dibuat lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan yang lebih khusus.

e. Progarm acara bisa diisi dengan local content sesuai segmen dan target audience yang disasar.

f. Menarik perhatian audience, karena memiliki program acara yang berbeda dengan media radio/televisi komersial.

g. Memiliki potensi sebagai media promosi, karena segmen dan target audience-nya jelas.

h. Di beberapa lokasi (pesawat, kereta api, rumah sakit, ruang tunggu) media ini akan mendapatkan fokus perhatian yang baik dari audience, karena audience memiliki waktu tunggu yang lama.

i. Bisa menjadi prestise bagi penyelenggara siarannya, karena mampu menghadirkan siaran yang variatif, bermanfaat bagi audience, dan berbeda dengan media mainstream.


Kelemahannya :

a. Jangkauan terbatas, karena didistribusikan dengan jaringan kabel. Sehingga, coverage area-nya terbatas sepanjang jaringan kabel tersebut.

b. Hanya disimak oleh audience yang relatif lebih sedikit, hanya pada lokasi tersebut.(Meskupun ini bisa menjadi sebuah kelebihan juga karena justru segmen-nya jelas).

c. Di beberapa lokasi (hotel, mall, supermarket, toko) media ini cenderung disimak sambil lalu, sehingga fokus perhatian audience sedikit kurang.

d. Di banyak tempat media ini belum didukung dengan infrastruktur yang memadai, belum memiliki manajemen siaran yang baik serta tidak didukung oleh SDM yang memiliki kemampuan di bidang broadcasting.

AddThis Social Bookmark Button
Email this post


Design Website Radio Yobel Fm Oleh :Dhimas HR)