Mempersiapkan Transformasi Ke Era Digitalisasi  

Jumat, 11 Juni 2010


Mark Ramsey, seorang konsultan radio di Amerika dalam salah satu posting di blognya memasang sebuah presentasi menarik tentang masa depan radio di era digital yang diberi judul 9 Rahasia Untuk Bertransformasi Secara Digital.

Menurut saya ini presentasi yang menarik sekali karena merangkum sejumlah tips penting buat orang radio yang ingin memahami dan mengikuti perkembangan yang terjadi saat ini di kalangan audiens. Silahkan lihat videonya di website hear2.com miliknya atau klik saja video yang saya pasang di akhir artikel ini.

Beberapa poin penting dari presentasi itu yang sangat menarik perhatian saya adalah:

  • Audiens kita sudah berubah. Mereka kini hidup di era dimana pilihan media luar biasa banyaknya dan perhatian mereka jadi mudah teralih. Saat seorang pendengar mematikan radio di mobilnya, misalnya karena sudah sampai di kantor, bisa jadi itulah saat terakhir ia mendengarkan radio kita, karena pilihan semakin banyak dan dengan mudah ia bisa beralih.Dengan kondisi ini, tantangan bagi kita orang radio adalah bukan membuat orang tidak lari dari kita, tapi bagaimana membuat mereka kembali pada kita.
  • Pelajari pola konsumsi media mereka dan untuk melakukan itu kita harus keluar dari radio dan masuk kembali dengan sudut pandang audiens kita.
  • Poin lain yang juga tak kalah menarik adalah kita harus menyadari bahwa bisnis kita saat ini bukan lagi sekedar bisnis radio. Ini adalah era konvergensi media. Bukan berarti radio telah mati. Justru tantangannya adalah bagaimana radio bisa menjadi bagian dari konvergensi itu.
  • Dengan kondisi seperti ini, musuh radio justru adalah rating atau peringkat atau survei atau apalah namanya. Ini karena kita cenderung menyamakan semua orang. Padahal ini adalah era dimana konsumen kita menjadi sangat individualistis.

Tantangannya adalah bagaimana memenuhi kebutuhan mereka karena jelas mereka sudah enggan menjadi audiens yang pasif. Dengan makin banyaknya pilihan media, masihkah mereka mau kita atur dengan jadwal siaran? Maukah mereka menunggu jam tertentu untuk mendengarkan acara tertentu?

Mungkin anda akan berpikir bahwa fenomena ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat di Indonesia. Well menurut saya ini cara berpikir yang salah. Contoh saja. Siapa yang pernah menyangka bahwa banyak orang Indonesia yang saat ini tergila-gila pada facebook. Bayangkan betapa besar potensi audiens di facebook kalau kita tahu cara menarik perhatian mereka…

Fenomena facebook menurut saya menunjukkan bahwa kehadiran era media baru di Indonesia akan lebih cepat dari perkiraan kita dan kita harus siap mengantisipasinya.

Satu hal lagi, semua perubahan ini adalah tentang manusia, tentang audiens kita dan bukan tentang teknologi melainkan bagaimana teknologi itu digunakan. Melihat transformasi itu semata dari sudut pandang teknologi justru menurut saya salah besar!

Menarik sekali. Karena itulah saya sangat merekomendasikan anda untuk menyaksikan video berikut Mark Ramsey berikut ini:


AddThis Social Bookmark Button
Email this post


Design Website Radio Yobel Fm Oleh :Dhimas HR)